Sejarah MotoGP Yang Menarik!

MotoGP menggantikan kelas utama kejuaraan dunia sepeda motor sebelumnya pada tahun 2002. Mari kita menengok kembali sejarah MotoGP.

Sejak tahun 2002,MotoGP telah menandai puncak olahraga bermotor roda dua untuk sepeda jalan raya, tetapi asal muasal kejuaraan dunia sepeda motor sudah ada sejak lama. Berikut semua yang perlu Anda ketahui tentang sejarah MotoGP .

Lahirnya Kejuaraan Dunia Sepeda Motor

Sepeda motor produksi massal pertama dengan mesin bensin muncul pada tahun 1894 dan diberi nama " Hildebrand & Wolfmüller ". 13 tahun kemudian, pada tahun 1907, Isle of Man TT yang legendaris digelar, balapan sepeda motor resmi pertama di dunia .

Namun, butuh waktu hingga tahun 1949 bagi FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) untuk menyelenggarakan kejuaraan dunia untuk sepeda motor jalan raya untuk pertama kalinya - kelahiran tidak resmi MotoGP.

Saat itu, para pembalap berkompetisi di kelas kapasitas kubik yang berbeda-beda. Kejuaraan dibagi menjadi 50 cc dan 80 cc, 125 cc, 250 cc, 350 cc dan 500 cc untuk mesin tunggal, dan 500 cc untuk sepeda motor dengan sespan. Pada awalnya, merek Inggris dan Italia dengan mesin empat tak mendominasi.

Pemegang rekor adalah pembalap Italia Giacomo "Ago" Agostini , kelahiran 1942, yang berkompetisi pertama kali pada 15 September 1963 di balapan kandangnya di Monza, Italia. Sisanya adalah sejarah: antara 1963 dan 1977, Agostini meraih 122 kemenangan balapan (dalam 194 start) dan dinobatkan sebagai juara dunia sepeda motor sebanyak 15 kali .

       Sumber:https://img.redbull.com/images/q_auto,f_auto/redbullcom/2015/12/17/1331766010768_3/legendary-500cc-motorcycle-world-champion-giacomo-agostini-in-portrait

Jalan menuju berdirinya MotoGP

Pada tahun-tahun dan dekade berikutnya, terjadi perubahan aturan yang luas dalam kejuaraan dunia sepeda motor. Pada tahun 1983 , kelas 350cc dihapuskan tanpa pengganti , dan satu tahun kemudian kelas 50cc digantikan oleh kelas 80cc.

Start balapan klasik, yang saat itu masih melibatkan mendorong mesin balap, juga digantikan oleh start berdiri pada akhir tahun 1980-an.

Pada tahun 1990-an , kelas 80 cc dan balapan sidecar juga dihapus dari program , dan hingga tahun 2001, hanya kelas 125 cc, 250 cc, dan 500 cc yang dilombakan.

Pada saat yang sama, Kejuaraan Dunia Superbike (SBK) juga didirikan di bawah naungan FIM, di mana para pebalap dan tim berkompetisi dengan sepeda motor produksi massal. Awalnya, kejuaraan ini diluncurkan oleh empat pabrikan besar Jepang, yaitu Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki.

Selama musim 2001 , tekanan dari produsen Jepang, terutama Honda, terhadap badan pengatur menjadi begitu besar sehingga terjadi restrukturisasi yang luas dalam kejuaraan dunia sepeda motor . Kelas 500cc yang mapan digantikan pada tahun 2002 oleh MotoGP , yang seharusnya membuat Kejuaraan Dunia sesuai untuk milenium baru.

      Sumber:https://img.redbull.com/images/q_auto,f_auto/redbullcom/2020/5/25/yul1ybkic0nykbylnrqj/marc-marquez-inclination

Tahun-tahun awal MotoGP: Tahun-tahun "Rossi"

Branding baru ini juga diikuti oleh regulasi baru. Mulai saat itu, mesin empat tak dengan tenaga maksimum 990 cc digunakan di kelas teratas balap motor. Pada tahun terakhir kejuaraan dunia motor 500 cc (2001), "Dokter" Valentino Rossi dinobatkan sebagai juara dunia.

Hari-hari awal MotoGP juga menjadi milik pembalap Italia itu, yang antara tahun 2002 dan 2005 mengklaim empat gelar juara dunia pembalap , pertama dengan motor Honda, kemudian dengan Yamaha. Rossi memimpin daftar juara dunia pembalap terbaik bersama dengan pembalap Spanyol Marc Márquez - kedua pembalap tersebut telah memiliki enam gelar juara dunia di MotoGP sejauh ini.

Kelas-kelas dengan kapasitas mesin yang lebih kecil (125 cc dan 250 cc) terus berlangsung di bawah naungan Kejuaraan Sepeda Motor Dunia. Kelas-kelas tersebut baru dimasukkan ke dalam kalender MotoGP beberapa waktu kemudian: Moto2 menggantikan kelas 250 cc sebelumnya dari musim 2010, dan Moto3 menggantikan kelas tertinggi ketiga dua tahun kemudian, yaitu untuk musim 2012.

      Sumber:https://img.redbull.com/images/q_auto,f_auto/redbullcom/2021/11/22/z20eaekemrv6xnbcezbx/marc-marquez-valentino-rossi

Perjalanan MotoGP menuju era modern


Sejak musim 2007, kapasitas mesin maksimum yang diizinkan dalam MotoGP dibatasi hingga 800 cc . FIM berharap hal ini akan meningkatkan keselamatan bagi para pembalap, karena kecepatannya akan lebih rendah. Namun dalam praktiknya, hal ini hampir tidak terlihat. Bahkan, kecepatan di tikungan dapat ditingkatkan, sehingga kecelakaan lebih sering terjadi.

Untuk musim 2012, kapasitas mesin kembali ditingkatkan. Mulai musim ini, motor-motor dilengkapi dengan kapasitas mesin 1.000 cc , dan pada saat yang sama jumlah silinder maksimum dibatasi hingga empat. Dominasi pembalap Spanyol pun dimulai: antara tahun 2012 dan 2020, gelar juara dunia pembalap jatuh ke tangan Spanyol.

Marc Márquez dari Honda telah dinobatkan sebagai juara dunia enam kali (terakhir pada musim 2019), Jorge Lorenzo dari Yamaha telah mengamankan dua gelar lagi, sementara mahkota tersebut jatuh ke tangan Joan Mir pada musim 2020.

Sejak 2016, berat minimum 157 kg telah diterapkan dalam regulasi teknis untuk motor di kelas MotoGP. Di sisi lain, tenaga motor tidak diatur dan hanya diukur dalam batas bawah untuk alasan kompetitif.

Menurut perkiraan, motor MotoGP saat ini menghasilkan antara 260 dan 300 hp . Ini berarti kecepatan lebih dari 360 km/jam dapat dicapai. Rekor saat ini ditetapkan oleh pebalap Ducati Johann Zarco di Sirkuit Internasional Losail di Qatar. Juara dunia Moto2 dua kali itu mencatatkan kecepatan luar biasa 362,4 km/jam dalam latihan bebas - tetapi keberhasilan pebalap Prancis itu dibantu oleh slipstream dan tailwind.

MotoGP 2023: Sebuah prospek

      Sumber:https://img.redbull.com/images/q_auto,f_auto/redbullcom/2022/12/1/pli77avovvajeiisj0ux/motogp-2023-ktm-rc16-jack-miller

Musim MotoGP 2022 telah berakhir dan melahirkan juara dunia baru asal Italia, Francesco Bagnaia . Musim 2023 akan dimulai pada 26.03.2023 dengan GP Portugal di Portimao.

Yang baru di musim mendatang adalah Grand Prix Kazakhstan pada 9 Juli , serta Grand Prix India di bekas sirkuit Formula 1, Sirkuit Internasional Buddh di Noida, pada 24 September .

Dengan total 21 balapan , kalender MotoGP lebih panjang dari sebelumnya. Brad Binder (#33) dan Jack Miller (#43) akan memulai balapan untuk Red Bull KTM Factory Racing pada tahun 2023 dan ingin melanjutkan kesuksesan besar musim 2022.

History Of MotoGP

Sumber:https://www.redbull.com/gb-en/motogp-history


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah yang Perlu Kamu Ketahui dalam Balapan MotoGP!

MotoGP Sircuits (Sirkuit)